tag:blogger.com,1999:blog-79952959123386531182024-03-08T00:42:05.002-08:00Teknik Pemesinan SMK PGRI 2 PonorogoMenyiapkan tenaga terampil dalam rancang bangun dan rekayasa konstruksi mesin menggunakan mesin perkakas dengan muatan lokal AutoCAD dan Welding.Teknik Pemesinan SMK PGRI 2 Ponorogohttp://www.blogger.com/profile/03967098747999387450noreply@blogger.comBlogger3125tag:blogger.com,1999:blog-7995295912338653118.post-6130551718760580512008-08-27T07:27:00.000-07:002008-08-27T07:32:35.590-07:00Mau RPP Lagi ?<div align="justify"><strong><em><span style="color:#3366ff;">RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN<br />( R P P )<br /></span></em></strong><br />Satuan Pendidikan : SMK PGRI 2 PONOROGO<br />Mata Pelajaran : Pemeliharaan/servis dan perbaikan kompresor udara dan komponen-komponennya<br />Kelas/Semester : X<br />Standar Kompetensi : Pemeliharaan/servis dan perbaikan kompresor udara dan komponen komponennya<br /><br />Kompetensi Dasar :<br />1. Perawatan Kompresor<br />2. Perbaikan Kompresor<br /><br />Indikator :<br /><br />Pemeliharaan/servis dan perbaikan kompresor udara dilak-sanakan tanpa me-nyebabkan kerusakan ter-hadap komponen atau sistem lainnya<br />Informasi yang benar di-akses dari spesifikasi pabrik dan dipahami.<br />Pemeliharaan/servis dan perbaikan kompresor udara dilak-sanakan dengan menggunakan metode dan perlengkapan yang diten-tukan berdasarkan spesi-fikasi yang sesuai terhadap komponen<br />Pekerjaan pemeliharaan/ servis dilaksanakan dengan pedoman dari industri yang telah ditetapkan<br />Data yang tepat dileng-kapi sesuai hasil pemeliharaan/ servis dan perbaikan.<br />Seluruh kegiatan pemeliha-raan/servis dilaksanakan berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Kese-lamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/kebijakan perusa-haan.<br /><br />Alokasi Waktu : Blok 1 ( 2 x 10 x 45 menit)<br /><br />Tujuan Pembelajaran :<br />Pada akhir pelajaran siswa dapat:<br /><br />1. Memahami prinsip kerja Kompresor udara diakses dari buku manual<br />2. Memahami kontruksi kompresor udara diakses dari buku manual.<br />3. Mengetahui pengunaan komprsor udara dari modul dan pengamatan di Bengkel Otomotip.<br />4. Memahami cara-cara mengoprasikan kompresor dengan pengamatan langsung di Bengkel Otomotip.<br />5. Menggunakan kompresor untuk membersihkan sarinan udara, bahan bakar diruang bengkel otomotip sesuai SOP<br /><br /><br />A. Materi Pembelajaran<br />a. ( Lihat pada lampiran ) <a href="http://www.blogger.com/Pelajaaran%20%20Pumps,%20Valves,%20Fans.ppt">Power</a> Po<br />b. int <a href="http://www.blogger.com/Grafik%20Kerja%20Kompresor%20Torak.ppt">Grafik Kerja Kompresor Torak.ppt</a><br />c. <a href="http://www.blogger.com/Grafik%20Kerja%20Kompresor%20Torak.ppt">Grafik Kerja Kompresor Torak.ppt</a><br />B. Metode / Teknik :<br />a. Presentasi Materi dengan Slide /Power Point dan LCD Proyektor<br />b. Request<br />c. Respon<br />d. Penugasan<br />e. Mengerjakan Latihan Soal<br />f. Pembahasan Latihan Soal<br /><br /><br />C. Langkah-langkah Kegiatan<br /><br />Blok 1 dikemas dalam 3 tahapan:<br /><br />1. Kegiatan awal:<br />- Tanya jawab jajak kemampuan siswa yang berkaitan dengan materi (brain storming)<br />2. Kegiatan Inti<br />- Siswa MEMBACA dan mencermati materi pada buku modul<br />- Siswa membuat daftar pertanyaan<br />- Guru melakukan Presentasi Materi dengan LCD proyektor<br />- Siswa memperhatikan dan mencatan hal hal penting<br />- Siswa memberikan request tentang materi yang dibahas<br />- Guru Merespon request<br />- Guru memberikan pertanyaan pendalaman<br />- Siswa menjawab pertanyaan pendalaman<br /><br /><br />3. Kegiatan Akhir<br />- Guru menanyakan kesulitan siswa selama proses pembelajaran.<br />- Guru dan siswa menyimpulkan materi pembelajaran.<br />- Guru memberi ujian kompetensi/sub kompetensi .<br /><br /><br /><br />D. Sumber Belajar<br />a. Buku “Pompa dan Kompresor ” ;Sularso & Haruo Tahara ,Pradnya Paramitha , Jakarta<br />b. Video Pembelajaran<br />c. Website : <a href="http://www.fluidsim.com/">http://www.fluidsim.com/</a><br />d. Website : <a href="http://www.compressor.com/">http://www.compressor.com/</a><br />e. Website : <a href="http://www.fluidsim.com/">http://www.fluidsim.com/</a><br />f. Website : <a href="http://www.fluidsim.com/">http://www.fluidsim.com/</a><br /><br /><br /><br />a. Penilaian<br />a. Teknik : Tes Tulis /Ujian Kompertensi<br />b. Bentuk : Pilihan Ganda dan Essay<br />c. Instrumen : Terlampir<br /><br />Ujian Kompetensi<br /><br />Kompetensi : Perawatan dan Pebaikan Kompresor<br /><br />1. Kompresor berasal dari kata “to compress” yang berarti:<br />a. Menekan<br />b. Mengecilkan<br />c. Memampatkan<br />d. Memadatkan<br />e. Meniup<br />13. Prinsip Displacement terjadi pada :<br />a. Blower<br />b. Reservoir<br />c. Katup<br />d. Silinder<br />e. Filter<br /><br />2. Udara atmosfir adalah :<br />a. Udara bertekanan<br />b. Udara bebas<br />c. Udara dalam tabung<br />d. Udara tanpa berenergi kecil<br />e. Udara bergerak<br />14. Tekanan yang dihasilkan oleh kompresor disebut :<br />a. Pressure of Atmosphere<br />b. Pressure of Suction<br />c. Pressure of manometer<br />d. Pressure of Discharge<br />e. Pressure of Tube<br /><br />3. Yang termasuk energi input pada kompresor adalah<br />a. Silinder<br />b. Motor<br />c. Katup<br />d. Mesin Diesel<br />e. Poros engkol<br />15. Vakum (Hampa) pada silinder kompresor disebabkan oleh :<br />a. Perbedaan Tekanan<br />b. PengecilanRuang<br />c. Pembesaran Ruang<br />d. Aliran<br />e. Tekanan<br />4. Energi potensial dalam ibentuk udara tekan terbentuk didalam :<br />a. Silinder<br />b. Katup<br />c. Tabung<br />d. Tuas Katup<br />e. Pompa<br />16. Tangki udara berfungsi untuk:<br />a. menyimpan fluida<br />b. menyimpan udara<br />c. menyimpan tenaga<br />d. menyimpan panas<br />e. menyimpan aliran<br /><br />5. Komponen berikut melakukan kompresi :<br />a. Pompa<br />b. Torak<br />c. Silinder<br />d. Motor<br />e. Reservoir<br />17. Kompresor diwah ini bekerja berdasar prinsip displacement :<br />a. Kompresor Sudu<br />b. Kompresor Aksial<br />c. Kompresor Sentrifugal<br />d. Kompresor Blower<br />e. Kompresor Fan<br /><br />6. Yang tergolong Pneumatic Tools adalah :<br />a. Mesin Press<br />b. Dongkrak<br />c. Forklift<br />d. Air Turbine<br />e. Hydraulic Jack<br />18. Kompresor yang mendorong udara dalam arah tegak lurus poros adalah :<br />a. Kompresor Sudu<br />b. Kompresor Aksial<br />c. Kompresor Sentrifugal<br />d. Kompresor Blower<br />e. Kompresor Fan<br /><br />7. Energi mekanik Pneumatic Tools dibentuk didalam :<br />a. Pompa<br />b. Torak<br />c. Silinder<br />d. Motor<br />e. Reservoir<br />19. Udara bebas yang terkontaminasi berarti :<br />a. mengandung air<br />b. mengandung uap<br />c. mengandung kotoran<br />d. mengandung debu<br />e. mengandung zat lain<br />8. Aplikasi Pneumatic dalam bidang Otomotif adalah berikut ini :<br />a. Kemudi Tenaga<br />b. Brake<br />c. Timing Belt<br />d. Hidraulic Jack<br />e. Oil Shock Breaker<br />20. Tekanan udara umumnya dinyatakan dalam satuan :.<br />a. Pascal<br />b. Newton<br />c. Ohm<br />d. Boyle<br />e. Atmosfir<br /><br />9. Hukum yang mengatur kerja kompresor adalah :<br />a. Hukum Pascal<br />b. Hukum Newton<br />c. Hukum Archimedes<br />d. Hukum Boyle<br />e. Hukum Ohm<br />21. Siklus kompresor berlangsung dalam :<br />a. 2 tahap<br />b. 2 putaran engkol<br />c. 4 tahap<br />d. 4 putaran engkol<br />e. ½ putaran engkol<br /><br />10. Komponen berikut ini digunakan dalam Sistem Pneumatic ;kecuali<br />a. Pressure Relief Valve<br />b. Regulator<br />c. Katup Pengarah<br />d. Double Acting Cy;inder<br />e. Manometer<br />22. Bagian utama kompresor adalah ………….; kecuali :<br />a. Bantalan utama<br />b. batang torak<br />c. poros engkol<br />d. cincin penyekat<br />e. roda pulley<br /><br /><br />11. Sifat udara adalah berikut ini ;kecuali :<br />a. Transmisi Energi<br />b. Bertekanan<br />c. Kompressible<br />d. Campuran<br />e. Stabil dalam perubahan suhu<br />23. pernyataan mengenai udara berikut ini benar ;kecuali :<br />a. Udara adalah gas<br />b. Udara mengandung Argon<br />c. Karbon dioksida lebih banyak dari Niotrogen<br />d. Udara menyimpan kalor<br />e. Kompressible<br />12. Energi mekanik berubah menjadi energi Potensial udara tekan dalam :<br />a. Reservoir<br />b. Relief Valves<br />c. Kompresor<br />d. Silinder<br />e. Motor<br />24. Yang digunakan pada kompresor adalah model katup :<br />a. Batang<br />b. Bola<br />c. Diafragma<br />d. Karet<br />e. Aluminium<br /><br />25. Gerakan Pneumatic Tools dikendalikan melalui :<br /><br />a. Pressure Gauge<br />b. Pressure Relief Valve<br />c. Directional Valve<br />d. Check Valve<br />e. Gate Valve<br /><br />Bagian II : Soal Essay<br />Petunjuk : Jawablah pertanyaan dibawah ini pada lembar yang tersedia secara urut nomor ;kosongkan bila belum tejawab.<br /><br /><br />1. Apa fungsi dari komponen kompresor dibawah ini ?<br />a. Puli V<br />b. Poros engkol<br />c. Katup<br />d. Pneumatic Tools<br />e. Tangki Udara<br />f. Motor Penggerak<br />2. Gambarkan konstruksi sederhana dari sebuah kompresor dan sebutkan bagian bagiannya!<br /><br /><br />3. Amati grafik dibawah ini<br />Berdasar grafik disamping :<br />a. Jelaskan proses yang terjadi pada titik 2 s/d titik 3<br />b. Jelaskan proses yang terjadi pada titik 3 s/d titik 4<br /><br /><br />4. Cermati Diagram Katup dibawah ini !<br />a. Buatlah gambar posisi torak dan posisi katup saat poros engkol pada kedudukan 240 de hingga 360 de kemudiaan jelaskan proses apa yang sedang berlangsung pada posisi tersebut !<br />b. Buatlah gambar posisi torak dan posisi katup saat poros engkol pada kedudukan 0 de hingga 160 de kemudiaan jelaskan proses apa yang sedang berlangsung pada posisi tersebut !<br /><br /><br /><br />Pedoman Penilaian<br /><br />1. Untuk semua soal pilihan ganda tiap jawaban benar skor 4 ( Total Skor 100)<br />2. Untuk Soal Essay skor maksimal untuk<br />· No 1 15<br />· No 2 15<br />· No 3 25<br />· No 4 35<br /><br />· Total Skor 100<br /><br />3. Nilai siswa diperoleh ditentukan sbb<br /><br /><br />NK = ( 40 % score Pilihan Ganda) + (60 % x Score Essay)<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />Mengetahui<br />Kepala Sekolah<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />H.S.Pirngadi.BA.<br /><br />Ponorogo 16 Juli 2007<br />Guru Mata Pelajaran<br /><br /><br /><br /><br /><br />Drs Wakhid Kumaidi<br />NI GTT 05 19 0022 </div>Teknik Pemesinan SMK PGRI 2 Ponorogohttp://www.blogger.com/profile/03967098747999387450noreply@blogger.com3tag:blogger.com,1999:blog-7995295912338653118.post-3854205347901028222008-08-26T08:30:00.000-07:002008-08-26T08:33:28.592-07:00Crew Teknik Pemesinan<div align="center">Struktur Organisasi Program Keahlian Teknik Pemesinan</div><div align="center">SMK PGRI 2 Ponorogo </div><div align="center"> </div><div align="center">Ketua Program Keahlian </div><div align="center">Gunomo SPd</div><div align="center"> </div><div align="center">Sekretaris Program Keahlian</div><div align="center">Belum Ada </div><div align="center"> </div><div align="center">Lain lain sik tak melihat ke jrusan dulu .......... he ..he.............he.........</div><div align="center"> </div><div align="center"> </div>Teknik Pemesinan SMK PGRI 2 Ponorogohttp://www.blogger.com/profile/03967098747999387450noreply@blogger.com1tag:blogger.com,1999:blog-7995295912338653118.post-11312821977189629512008-08-26T07:33:00.000-07:002008-08-26T07:42:10.182-07:00RPP HITUNG LANJUT SMK TEKNIK PEMESINAN<div align="justify">RPP<br />(RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN)<br /><br />Mata Pelajaran : Melakukan Perhitungan (Lanjut)<br />Kode Kompetensi : M 2 8 C 10<br />Kelas /Semester : X/2<br />Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit<br />Kompetensi Dasar : .Membuat diagram dan grafik dari informasi yang diberikan<br />Sub Kompetensi : Diagram dan Grafik<br /><br /><br />I. Tujuan Pembelajaran<br />Memahami cara membuat diagram dan grafik<br /><br />II. Materi Pelajaran:<br />Diagram dan Grafik<br />Tahapan Cara Membuat Grafik :<br /><br />Tahap 1 : Mengumpulkan sejumlah informasi dari berbagai sumber secara acak kemudian mencatatnya secara sistimastis sehingga nanti dapat secara mudah dikelompokkan ;ada baiknya kita membuat blanko kosong terlebih dahuli<br /><br />Tahap 2 : Melakukan Klasifikasi (Pengelompokan ) berdasar informasi yang telah kita kumpulkan dan membuat table klasifikasi /penggolongan berdasar blanko yang telah diisi<br /><br />Tahap 3 : Melakukan perhitungan berdasar klasifikasi tertentu untuk memunculkan keterangan mengenai prosentase /bagian yang ada<br />Tahap 4 :Menggambar sesuai bentuk diagram standar (batang ,lingkaran)<br /><br />III. Metode Pembelajaran<br />1. Presentasi Materi Cara membuat Diagram dan Grafik<br />2. Request<br />3. Respon<br />4. Penugasan<br />5. Mengerjakan Soal<br />6. Pembahasan Soal<br /><br />IV. Langkah langkah Pembelajaran<br />Pembelajaran dikemas dalam 3 tahapan:<br /><br />1. Kegiatan awal:<br />- Kegiatan Apersepsi<br />- Tanya jawab jajak kemampuan siswa yang berkaitan dengan materi Diagram dan Grafik<br />2. Kegiatan Inti<br />- Guru melakukan Presentasi Materi dengan LCD proyektor<br />- Siswa memperhatikan dan mencatan hal hal penting<br />- Siswa menyampaiakan request tentang materi yang dibahas<br />- Guru Merespon request<br />- Guru memberikan pertanyaan pendalaman<br />- Siswa menjawab pertanyaan pendalaman<br /><br />3. Kegiatan Akhir<br />- Guru menanyakan kesulitan siswa selama proses pembelajaran.<br />- Guru dan siswa menyimpulkan materi pembelajaran.<br />- Guru memberi ujian kompetensi/sub kompetensi .<br />IV. Sumber Belajar<br />1. Buku “Matematika Teknik ” ;<br />2. Worksheet Data Siswa Baru Prog Keahlian Teknik Pemesinan<br />3. Contoh Grafik Mesin Diesel<br />4. Contoh Diagram Batang<br /><br />V. Media /Alat Pembelajaran<br />1. Wallchart Grafik Mesin Diesel<br />2. Wallchart Diagram Batang<br /><br />VI. Penilaian<br /><br />a. Kisi Kisi Soal<br /><br />No. urut<br />Standar Kompentensi<br />Kompetensi Dasar /<br />Hasil Belajar / Indikator<br /><br />Materi<br /><br />Indikator Soal<br /><br />Skor<br />1<br />Membuat diagram dan grafik dari informasi yang diberikan<br />Memahami cara membuat diagram dan grafik<br /><br />Diagram dan Grafik<br />Disediakan Data Kecelakaan di Polres Sumedang yang memuat korban luka ringan dan berat<br /><br />50<br /><br /><br />2<br />Membuat diagram dan grafik dari informasi yang diberikan<br />Memahami cara membuat diagram dan grafik<br /><br />Diagram dan Grafik<br />Disediakan Data Kecelakaan di Polres Sumedang yang memuat korban meninggal<br /><br />50<br /><br /><br /><br /><br />b. Kartu Soal<br />JENIS SEKOLAH<br />:<br />SMK (TEKNIK PEMESINAN)<br />MATA PELAJARAN<br />:<br />MELAKUKAN PERHITUNGAN LANJUT<br />KELAS/SEMESTER<br />:<br />X/2<br />BENTUK TES<br />:<br />ESSAY<br />ALOKASI WAKTU<br />:<br />1 X 45 MENIT<br />TAHUN PELAJARAN<br />:<br />2007/2008<br />PENYUSUN<br />:<br />WAKHID KUMAIDI<br /><br />Standar Kompetensi :<br />Nomor Soal : 1<br />Melakukan Perhitungan (Lanjut)<br />Rumusan Butir Soal<br />Uraian Materi Pelajaran :<br /><br />Tahap 1 : Mengumpulkan sejumlah informasi dari berbagai sumber secara acak kemudian mencatatnya secara sistimastis sehingga nanti dapat secara mudah dikelompokkan ;ada baiknya kita membuat blanko kosong terlebih dahuli<br /><br />Tahap 2 : Melakukan Klasifikasi (Pengelompokan ) berdasar informasi yang telah kita kumpulkan dan membuat table klasifikasi /penggolongan berdasar blanko yang telah diisi<br /><br />Tahap 3 : Melakukan perhitungan berdasar klasifikasi tertentu untuk memunculkan keterangan mengenai prosentase /bagian yang ada<br />Tahap 4 :Menggambar sesuai bentuk diagram standar (batang ,lingkaran)<br /><br /><br />Berdasar Data berikut Buatlah Diagram Batang dari korban luka melalui tahapan membuat grafik yang sesuai !<br /><br />DATA KECELAKAAN LALU LINTAS TAHUN 2000/2004<br />POLRES SUMEDANG POLDA JABAR<br />TAHUN<br />MENINGGAL<br />LUKA BERAT<br />LUKA RINGAN<br />2000<br />14<br />38<br />47<br />2001<br />11<br />24<br />48<br />2002<br />17<br />37<br />23<br />2003<br />9<br />46<br />54<br />2004<br />7<br />29<br />17<br />TOTAL<br /><br /><br /><br /><br />Indikator Soal :<br /><br />Informasi yang digunakan untuk menghasilkan diagram dan grafik sederhana sebagaimana diperlukan dapat diambil<br /><br /><br /><br /><br />Standar Kompetensi :<br />Nomor Soal : 2<br />Melakukan Perhitungan (Lanjut)<br />Rumusan Butir Soal<br />Uraian Materi Pelajaran :<br /><br />Tahap 1 : Mengumpulkan sejumlah informasi dari berbagai sumber secara acak kemudian mencatatnya secara sistimastis sehingga nanti dapat secara mudah dikelompokkan ;ada baiknya kita membuat blanko kosong terlebih dahuli<br /><br />Tahap 2 : Melakukan Klasifikasi (Pengelompokan ) berdasar informasi yang telah kita kumpulkan dan membuat table klasifikasi /penggolongan berdasar blanko yang telah diisi<br /><br />Tahap 3 : Melakukan perhitungan berdasar klasifikasi tertentu untuk memunculkan keterangan mengenai prosentase /bagian yang ada<br />Tahap 4 :Menggambar sesuai bentuk diagram standar (batang ,lingkaran)<br /><br />Berdasar Data berikut Buatlah Diagram Lingkaran dari korban meninggal melalui tahapan membuat grafik yang sesuai !<br /><br />DATA KECELAKAAN LALU LINTAS TAHUN 2000/2004<br />POLRES SUMEDANG POLDA JABAR<br />TAHUN<br />MENINGGAL<br />LUKA BERAT<br />LUKA RINGAN<br />2000<br />14<br />38<br />47<br />2001<br />11<br />24<br />48<br />2002<br />17<br />37<br />23<br />2003<br />9<br />46<br />54<br />2004<br />7<br />29<br />17<br />TOTAL<br /><br /><br /><br /><br />Indikator Soal :<br /><br />Informasi yang digunakan untuk menghasilkan diagram dan grafik sederhana sebagaimana diperlukan dapat diambil<br /><br /><br /><br /><br />c. Kunci Jawaban<br /> Kunci Jawaban Soal 1<br /><br /><br />Kunci Jawaban Soal 2<br /><br /><br />d. Pedoman Penilaian<br /><br />1. Total Skor 100<br />2. Untuk Soal Essay skor maksimal untuk<br />· No 1 70<br />· No 2 30<br />· Total Skor 100<br /><br />3. Nilai siswa diperoleh ditentukan sbb<br /><br /><br />NK = Jumlah Total Skor<br /><br /><br /><br /><br /><br />Mengetahui<br />Kepala Sekolah<br /><br /><br /><br /><br /><br />H.S.Pirngadi ,BA.<br /><br /><br /> Ponorogo 16 Juli 2007<br />Guru Mata Pelajaran<br /><br /><br /><br /><br /><br />Drs Wakhid Kumaidi<br /> NI GTT 05 19 0022<br /> Hal yang belum jelas harap kirim e -mail ke : <a href="mailto:wakhid_kumaidi@yahoo.co.id">wakhid_kumaidi@yahoo.co.id</a><br /> </div>Teknik Pemesinan SMK PGRI 2 Ponorogohttp://www.blogger.com/profile/03967098747999387450noreply@blogger.com5